Subscribe:

Ads 468x60px

Pages

Kamis, 25 Agustus 2011

Keutamaan Puasa Ramadhan hari ke 26, 27, dan 28

        Tak terasa tamu agung kita umat Islam akan segera pulang. Tamu yang hanya datang setahun sekali tamu istimewa yang hanya agama kita miliki. Ramadhan, tak terlalu berlebihan jika saya mengatakan dia lah tamu istimewa kita. Karena pada bulan inilah (Ramadhan) semua berbeda dengan bulan-bulan yang lain. Dimana setiap perbuatan baik kita pahalanya dilipat gandakan, maka marillah kita manfaatkan datangnya bulan Ramadhan dengan sebaik-baiknya. Kita masing-masing instropeksi diri dan Bertaubatlah segera.

 
فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ رَمَضَانَ
شَهْرٌ افْتَرَضَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ صِيَامَهُ وَإِنِّي سَنَنْتُ لِلْمُسْلِمِينَ قِيَامَهُ
فَمَنْ صَامَهُ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا خَرَجَ مِنْ الذُّنُوبِ كَيَوْمِ وَلَدَتْهُ أُمُّهُ

Bersabda Rasululah shollallahu ’alaih wa sallam, "Sesungguhnya Ramadhan adalah bulan di mana Allah ta’aala wajibkan berpuasa dan aku sunnahkan kaum muslimin menegakkan (sholat malam). Barangsiapa berpuasa dengan iman dan dan mengharap ke-Ridhaan Allah ta’aala, maka dosanya keluar seperti hari ibunya melahirkannya." (HR Ahmad 1596)

           Hari ini kita telah menginjak di hari ke 26 bulan Ramadhan. Apa yang telah kita lakukan selama 25 hari yang lalu? Apakah sudah kita melalui langkah-langkah tersebut agar menjadi orang yang bertaqwa? Tanyakan pada hati kecil kita masing-masing. Mungkin 25 hari kebelakang, kita tidak tau apa yang kita dapat jika berpuasa dengan sempurna, sehingga kita melewatinya begitu saja. Padahal dari hari kehari ada keutamaan berpuasa di Bulan Ramadhan, mari lah kita memperbaiki puasa kita di  sisa hari bulan Ramadhan ini. Lalu apakah fadilah / keutamaan hari ke 26 puasa Ramadhan? Jawabnya adalah, Allah SWT memandang kalian dengan kasih sayang-Nya, kemudian mengampuni semua dosa kalian kecuali sogokan dan hartanya; Allah swt mensucikan rumah kalian setiap hari tujuh puluh ribu kali dari ghibah dan dusta. Dikutip dari kitabFadhâil Al-Asyhur Ats-Tsalâtsah“. Subhanallah. Bagaimana dengan fadilah puasa Ramadhan esok hari? Hari ke 27 dan 28? Pada hari ke 28, kalian seperti menolong setiap mukmin dan mukminah, memberi pakaian pada tujuh puluh ribu orang yang telanjang, membantu seribu orang yang menjalin tali persaudaraan; kalian seperti membaca semua kitab yang diturunkan oleh Allah Azza wa Jalla kepada para Nabi-Nya.Dan keutamaan hari ke-28 puasa ramadhan, Allah Azza wa Jalla menjadikan bagi kalian di surga Al-Khuld seratus ribu kota dari cahaya, memberi kalian di surga Al-Ma’wa seratus ribu istana dari perak; memberi kalian di surga Al-Jalal tiga ratus ribu mimbar (tempat yang tinggi) yang terbuat dari misik, di setiap mimbar seribu rumah dari za’faran dari kitab Fadhâil Al-Asyhur Ats-Tsalâtsah.  
Semoga kita bukan termasuk orang merugi. Amin.

0 komentar:

Posting Komentar